als - new
belajar angka 1 sampai 100

Cara Belajar Angka 1 Sampai 100 untuk Anak Usia Dini

Belajar angka 1 sampai 100 bagi usia dini mungkin bukanlah sesuatu hal yang mudah, namun bukan pula sesuatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Anak dengan usia dibawah 5 tahun akan lebih mudah menangkap apa saja yang diajari karena masih dalam tahap Golden age.

Namun sebagian orang tua, terutama yang baru memiliki buah hati, tentu akan sedikit kebingungan kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan anak dengan angka. Berikut akan diberikan tentang informasi tersebut lengkap dengan informasi tumbuh kembang anak lainnya. Mari disimak!

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengenalkan Angka pada Anak?

Selain mengenalkan warna dan huruf, mengenalkan atau belajar angka 1 sampai 100 juga perlu dilakukan sedini mungkin sebelum nantinya akan masuk ke pendidikan formal. Namun, para orang tua akan bertanya-tanya, kapan waktu atau pada umur berapa yang tepat untuk melakukannya?

Anak mulai bisa dikenalkan dengan angka sejak umur 2 tahun, namun bisa juga dimulai saat memasuki umur 1 tahun. Orang tua bisa mengajarkan secara bertahap, mulai dari 1 sampai 10, kemudian semakin meningkat sesuai dengan perkembangan anak.

Umur 1 hingga 5 merupakan usia yang sangat tepat ketika ingin mengajarkan berbagai hal kepada anak. Pada usia tersebut, otak anak sedang sangat berkembang dan merekam apapun yang didengar dan dilihat, termasuk pengenalan pada angka.

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Angka

Berbagai metode bisa dilakukan oleh orang tua, khususnya ibu dalam membimbing anak belajar angka 1 sampai 100. Saat usia anak yang masih dini, tentu akan lebih mudah baginya menerima pelajaran sambil bermain. Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Barang yang Menarik

Anak usia 1 sampai 5 tertarik dengan benda-benda berwarna cerah dan bentuk unik. Metode ini bisa memudahkan anak untuk mengingat jumlah angka serta menyebutkannya. Benda-benda yang digunakan bisa dengan mainan kesukaan ataupun buah-buahan.

Orang tua bisa menyebutkan jumlah dari benda secara perlahan, agar mudah diikuti oleh anak. Seiring bertambahnya usia, orang tua bisa mengenalkan angka yang semakin banyak, hingga sang anak memahami tentang angka.

2. Mengajarkan Angka dengan Lagu

Sama halnya dengan memperkenalkan huruf, orang tua bisa membantu anak belajar angka 1 sampai 100 dengan bantuan lagu anak-anak. Beberapa judul bisa diperdengarkan seperti Satu Satu Aku Sayang Ibu, Tek Kotek Anak Ayam, dan lain sebagainya.

Anak-anak yang masih mudah untuk mengingat, bila diulang secara terus menerus, lagu tersebut akan terpatri dalam ingatan dan anak akan mengingat angka lebih mudah. Selain dengan berbahasa Indonesia, bisa juga anak dikenalkan pada pelafalan angka bahasa Inggris.

3. Mengajarkan Angka dengan Bantuan Video YouTube

Saat ini, tayangan untuk anak-anak yang ada di YouTube begitu beragam, tak terkecuali acara edukasi yang dapat membantu anak mengenal huruf hingga angka. Dikemas sedemikian menarik dengan animasi, musik, dan warna yang mencolok, membuat anak senang menontonnya.

Tak dipungkiri menonton YouTube melalui Handphone dapat membuat anak ketagihan. Maka dari itu, sebagai orang tua perlu memperhatikan berapa lama waktu nonton melalui HP agar tidak menjadi kelewat batas atau bisa juga diatasi dengan menonton YouTube melalui TV.

4. Memanfaatkan Poster yang Berisi Angka 1 – 100

Selain dengan 3 cara sebelumnya, untuk mengajari anak mengenal dan menghafal angka, bisa menggunakan poster angka.  Orang Tua bisa memanfaatkan poster angka yang bisa ditemukan melalui E-Commerce atau toko buku.

Dengan menggunakan metode ini, anak dapat mengenal angka tidak hanya dari cara penyebutannya saja, tetapi juga secara visual. Anak akan mengetahui bentuk dari masing-masing angka yang ada dan mempermudah dalam mengingat serta ketika akan bersekolah nantinya. 

5. Membuat Permainan Angka dengan Kertas

Anak yang masih dini di dalam pikirannya sebagian besar adalah bermain. Maka, ketika ingin mengenalkan sesuatu hal yang baru, seperti mengenal angka, akan lebih mudah dicerna oleh anak saat dibarengi dengan permainan.

Orang tua bisa membuat angka 1 sampai 100 dengan menggunakan potongan kertas yang dibentuk sesuai dengan angka, atau bisa juga dituliskan saja. Agar lebih menarik, gunakan warna-warna cerah atau gambar yang lucu agar anak lebih tertarik.

Itulah 5 cara belajar angka 1 sampai 100 pada anak dan kapan usia terbaik untuk mengenalkannya. Pengenalan angka dari sebelum masa sekolah formal dapat membantu anak untuk lebih cepat memahami pelajaran yang berhubungan dengan angka. Jika ingin mengetahui lebih banyak terkait pendidikan klik disini.

Share this post