als - new
aplikasi anak belajar bicara

5 Rekomendasi Aplikasi Anak Belajar Bicara Terbaik

Saat anak sudah waktunya belajar bicara, maka kemampuannya bisa diasah oleh orang tua dengan bantuan aplikasi. Saat ini, aplikasi anak belajar bicara sudah banyak dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan orang tua dan anak.

Jika masih belum tahu aplikasi anak belajar bicara apa yang paling sesuai, maka pada artikel ini akan diberikan rekomendasinya. Ada lima aplikasi paling pas yang bisa dimanfaatkan. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini:

1. Melatih Bicara: Anak

Aplikasi anak belajar bicara yang pertama direkomendasikan adalah Melatih Bicara: Anak. LADistribution adalah pengembang aplikasi ini. Sedangkan untuk peluncurannya sudah dilakukan sejak tahun 2014 tepatnya di tanggal 1 April.

Karena sudah ada sejak lama, aplikasi ini tidak berhenti melakukan perbaikan. Semua menu dan fitur yang ada di dalamnya disesuaikan dengan kebutuhan belajar bicara anak. Jadi saat dipakai, segala fiturnya akan sangat membantu.

Pada aplikasi ini, ada permainan untuk mengembangkan kemampuan bicara dan alasan logika bagi anak. Usia yang cocok untuk aplikasi ini antara 4 sampai dengan 7 tahun. Pada usia ini, anak akan sangat terbantu.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah pilihan grafiknya. Jadi tampilannya sendiri sangat menarik dan cocok bagi anak-anak. Dengan demikian, anak-anak akan tertarik dan tidak mudah bosan saat menggunakannya.

2. Speech Act

Kemudian aplikasi anak belajar bicara kedua yang masuk jajaran rekomendasi adalah Speech Act. Pengembang dari aplikasi ini adalah Andalabs. Sejak dirilis pada tahun 2021 sampai sekarang, Speech Act terus disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Program yang ada di aplikasi ini lebih fokus pada pengembangan pemahaman bahasa atau yang biasa dinamai dengan bahasa reseptif. Jadi semua hal yang ada di dalamnya, akan sangat membantu anak dalam proses belajar bicara.

Aplikasi ini cocok untuk anak-anak yang sedang belajar membaca atau yang berkebutuhan khusus. Baik itu anak autisme, down syndrome, atau keterlambatan bicara. Jadi susunan fiturnya sudah disesuaikan dengan baik.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan game yang menarik namun juga tidak terlalu mencolok. Jadi anak bisa tetap fokus belajar dan otaknya bisa dirangsang dengan lebih baik. Oleh karenanya, aplikasi ini sangat pas untuk dipakai.

3. Kata Pertama

Kata Pertama juga termasuk aplikasi anak belajar bicara yang berkualitas. Bimi Boo Kids adalah pengembang aplikasi ini. Sejak tahun 2018, aplikasi ini sudah hadir dengan segala fiturnya yang sangat fungsional.

Anak-anak yang ada di rentang usia antara 2 sampai  tahun akan cocok dengan aplikasi ini. Pada usia ini anak akan belajar bicara. Oleh karenanya, Kata Pertama juga menyediakan layanan belajar bicara untuk anak-anak.

Uniknya, aplikasi ini bisa dimanfaatkan secara offline tanpa bantuan internet. Dengan adanya kemudahan ini, maka orang tua bisa memakainya kapan saja tanpa ada hambatan. Bahasa dukungan yang ada di dalamnya juga banyak sehingga akan memudahkan.

4. ICANDO – Aplikasi Belajar Anak

PT ICD Karya Indonesia juga meluncurkan aplikasi anak belajar bicara dengan nama ICANDO. Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak tahun 2020 dan terus melakukan upgrade sampai saat ini untuk membantu anak-anak.

Aplikasi ini menyediakan konsep yang jelas dan terstruktur untuk proses belajar anak. Selain itu, susunan programnya juga sudah disediakan sesuai dengan panduan ahli melalui riset ilmiah yang nyata.

Anak-anak yang ada pada jenjang KB dan TK akan sangat pas memanfaatkan aplikasi ini. Karakter digital yang ada dalam aplikasinya juga termasuk menarik sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan saat menggunakannya.

5. Stamurai: Stuttering Therapy

Jika anak mengalami masalah kegagapan, maka terapi wicara juga bisa dilakukan dengan aplikasi bernama Stamurai ini. Aplikasi ini cocok untuk segala usia termasuk anak-anak dengan programnya tersendiri.

Stamuray Speech Therapy sebagai pengembangnya membuat aplikasi ini sangat ramah pengguna. Hal ini diketahui dari aspek menunya yang mudah dipahami. Meski demikian, konsep latihan dan fitur di dalamnya sangat lengkap dan akan membantu.

Daftar aplikasi anak belajar bicara di atas bisa langsung dijadikan acuan. Semua aplikasi tersebut memang memiliki karakteristik berbeda-beda. Namun untuk menemukan yang paling cocok, maka coba aplikasinya satu per satu.

Share this post